Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday15
mod_vvisit_counterYesterday239
mod_vvisit_counterThis week905
mod_vvisit_counterLast week1923
mod_vvisit_counterThis month4636
mod_vvisit_counterLast month8428
mod_vvisit_counterAll days232288

We have: 8 guests online
Your IP: 54.158.21.176
 , 
Today: Sep 21, 2017

5 Cara mencegah malaria di musim hujan

PDF Print E-mail
Thursday, 07 August 2014 01:07

5 Cara mencegah malaria di musim hujan

 

Ada banyak penyakit yang muncul ketika musim hujan. Salah satunya adalah malaria. Saat musim hujan, nyamuk bisa berkembang biak dengan cepat. Ketika hujan, banyak genangan air di mana-mana dan ini merupakan tempat bagi nyamuk berkembang biak, termasuk nyamuk malaria.


Malaria merupakan salah satu penyakit infeksi yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Parasit dalam darah nyamuk akan menginfeksi sel darah merah dan membuat pasien terserang malaria. Jika tak segera diobati, malaria bisa berakibat fatal. Namun cara terbaik adalah dengan mencegah malaria. Jika saat ini sudah mulai musim hujan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini untuk mencegah malaria, seperti dilansir oleh Boldsky (04/08).

 

 

1. Memenuhi cairan tubuh


Malaria bisa dicegah dengan memenuhi cairan tubuh selama musim hujan. Sangat penting untuk menghindari dehidrasi dan memenuhi cairan tubuh di musim hujan yang lembap. Jika kekurangan cairan, tubuh akan sulit melepaskan panas dan membuat tubuh menjadi tak sehat.

 

2. Hindari tempat kotor


Hindari tempat-tempat yang le,bap dan kotor atau penuh genangan air. Itu adalah tempat yang sering menjadi sarang nyamuk. Yang terpenting, hindari tempat-tempat tersebut saat sore hari dan petang karena nyamuk paling aktif pada jam-jam tersebut.

 

 

3. Jangan memakai warna gelap


Memakai pakaian dengan warna terang akan menjauhkan nyamuk dan bisa mencegah Anda terkena malaria. Pakaian berwarna gelap lebih menarik bagi nyamuk dibandingkan dengan warna yang terang. Jadi usahakan memakai pakaian dengan warna yang lebih terang.

 

4. Penolak nyamuk


Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah gigitan nyamuk malaria adalah dengan memasang korden pada jendela atau tempat tidur Anda. Hal ini terutama ketika tidur di siang hari dan malam hari. Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami lain seperti kulit jeruk atau lavender untuk mencegah gigitan nyamuk.

 

 

5. Tempat sejuk


Nyamuk malaria tak tahan dengan suhu yang dingin, sehingga berada di tempat yang dingin secara alami akan menjauhkan Anda dari nyamuk malaria. Jika berada dalam ruangan, tak ada salahnya menyalakan AC untuk mencegah nyamuk malaria menggigit Anda.


Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari malaria serta gigitan nyamuk malaria di musim hujan. Selain cara di atas, selalu perhatikan kebersihan lingkungan dan rumah Anda agar tak dijadikan tempat berkembang biaknya nyamuk.

 

 

Sumber : http://www.merdeka.com/sehat/5-cara-mencegah-malaria-di-musim-hujan.html

 

Last Updated ( Thursday, 07 August 2014 01:15 )
 
RSUD Dr. ADJIDARMO
Jl. Iko Jatmiko No. 1 Rangkasbitung Lebak - Banten (0252) 201313