Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday103
mod_vvisit_counterYesterday289
mod_vvisit_counterThis week637
mod_vvisit_counterLast week1195
mod_vvisit_counterThis month3543
mod_vvisit_counterLast month8227
mod_vvisit_counterAll days246186

We have: 19 guests, 8 bots online
Your IP: 54.198.221.13
 , 
Today: Nov 21, 2017

Manfaat Dari Kebiasaan Bangun Pagi

PDF Print E-mail
Friday, 08 August 2014 01:17

 

 

Aktivitas bangun pagi bagi sebagian banyak orang memang sangat memberatkan, aktifitas bangun pagi telah terbukti secara empiris lebih banyak mengundang manfaat ketimbang keburukan. Dari tinjauan aspek moral, filosofi, psikologi, bahkan religius pun sedikit banyak telah mengundang dukungan positif atas pertimbangan banyaknya manfaat aktifitas dalam mengawali hari lebih dini.

 

Satu hal yang pasti ketika bangun pagi, kita mendapat kesempatan untuk menikmati udara segar yang belum tersentuh polusi. Dimana momentum tersebut sangatlah tepat untuk memasukan sebanyak mungkin oksigen murni ke paru-paru dengan aktifitas olahraga.


Karena lebih banyak kadar oksigen dalam darah dalam proses peredaran darah di awal hari, maka proses peredaran darah akan lebih mudah di distribusikan. Sehingga menimbulkan sensasi kesegaran pada tubuh yang dapat menimbulkan mood yang baik dalam menjalani seluruh aktivitas setelahnya. Dengan kata lain, membiasakan bangun pagi dapat membuat pikiran dan tubuh anda jauh lebih sehat. Ketika kita bangun lebih siang, sangat besar kemungkinan kita mengalami kesulitan untuk memenuhi berbagai janji atau aktivitas di pagi hari. Tanpa disadari produktifitas terus menurun akibat beban kerja yang tidak proporsional dengan alokasi waktu yang tersedia belum lagi kita semakin sering kehilangan berbagai peluang potensial yang menguntungkan.


Tidur Lebih Awal


Dengan membiasakan aktifitas bangun pagi, secara otomatis tubuh akan menyesuaikan jam tidur lebih ideal. Dimana jam tidur akan menjadi lebih awal. Jika tubuh telah terbiasa bangun pagi dan tidur lebih awal, maka pada saat usia 40 tahun keatas nanti potensi untuk terhindar dari paru-paru basah dan permasalahan organ hati akibat aktifitas keluar malam di luar rumah lebih besar terhindar terjadi. Namun tidak sedikit juga orang yang mengalami kesulitan dalam mengatasi jam tidur. Diantaranya para pengidap insomnia.


Atasi Insomnia


Insomnia merupakan kondisi yang terjadi saat tubuh mengalami kesulitan untuk tidur. Namun sangat disayangkan, mayoritas orang yang mengalami gangguan insomnia lebih suka menyukai penggunaan pil tidur untuk mengatasi kesulitan tidur. Justru dengan mengonsumsi pil tidur sebenarnya tanpa disadari, para pasien justru baru saja memulai suatu masalah baru, yaitu ketergantungan pada pil tidur. Sebagian kecil gangguan tidur disebabkan oleh masalah medis. Namun porsi terbesar disebabkan oleh masalah psikologis atau konsumsi alkohol.


Faktor lainnya yang dapat memunculkan kesulitan taidur adalah pola-pola kebiasaan yang berlebihan yang tidak selaras dengan tidur, seperti kebiasaan khawatir sebelum tidur, merenung berlebihan, analisis kompulsif berkenaan dengan hari yang telah atau akan dijalankan, dan lainnya. Selain itu, konflik internal yang terjadi di di pikiran bawah sadar juga berpotensi menimbulkan gangguan kesulitan tidur. Berikut beberapa kiat-kiat yang dapat membantu kesulitan tidur:


Usahakan kasur hanya untuk tidur.

Jangan lakukan aktifitas lain di tempat tidur.

Seperti membaca buku dan bekerja.

Jika masih terjaga setelah 20 menit di tempat tidur, bangunlah kembali dan lakukan aktifitas ringan hingga mengantuk.

Semakin berusaha tidur, maka justru akan semakin sulit untuk tidur.

Olahraga. Dengan berolahraga, maka tubuh membutuhkan waktu istirahat lebih banyak. Secara otomatis tubuh akan menyesuaikan sendiri waktu istirahatnya.

 

Sumber : http://www.netizenews.net/2014/08/manfaat-dari-kebiasaan-bangun-pagi.html

 

 

Last Updated ( Friday, 08 August 2014 03:16 )
 
RSUD Dr. ADJIDARMO
Jl. Iko Jatmiko No. 1 Rangkasbitung Lebak - Banten (0252) 201313