Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday386
mod_vvisit_counterYesterday252
mod_vvisit_counterThis week1453
mod_vvisit_counterLast week1734
mod_vvisit_counterThis month5424
mod_vvisit_counterLast month6764
mod_vvisit_counterAll days239840

We have: 79 guests, 1 bots online
Your IP: 54.92.141.211
 , 
Today: Oct 19, 2017

Kram Saat Olahraga? Ini Penyebab dan Solusinya

PDF Print E-mail
Wednesday, 28 October 2015 01:05

 

Para ilmuwan mengklaim bahwa keju memiliki sifat adiktif yang sama seperti narkoba, karena bahan kimia yang disebut kasein.


Kram Saat Olahraga? Ini Penyebab dan Solusinya

 

 

Banyak yang mengira bahwa penyebab kram saat berolahraga adalah dehidrasi, namun ternyata bukan itu penyebabnya. Dalam studi yang dilaksanakan tahun 2013, diadakan percobaan dengan menstimulasi kram otot dengan menggunakan sengatan listrik kecil pada partisipan yang terhidrasi dengan baik, dan kemudian distimulasikan lagi pada partisipan yang dehidrasi.

 

 

Menurut para peneliti, seharusnya jika dehidrasi menjadi penyebab kram, dibutuhkan jumlah sengatan listrik yang lebih sedikit untuk menyebabkan kram, namun ternyata jumlah yang dibutuhkan sama dengan partisipan yang terhidrasi. Keadaan dehidrasi tidak membuat seseorang menjadi mudah kram.


Lalu apa penyebabnya? Banyak bukti yang menunjukan bahwa kram saat berolahraga disebabkan oleh ujung-ujung saraf yang terlalu tegang, kemungkinan karena kelelahan. Beberapa penelitian pada atlet marathon menunjukan, bahwa yang biasanya terkena kram adalah mereka yang berlari lebih cepat saat awal, dengan kecepatan melebihi kecepatan saat latihan.

Jika sampai kram saat berolahraga, solusinya mudah, yaitu dengan meregangkan otot yang kram. Untuk mencegahnya, bisa dimulai dengan mencatat hal-hal yang dilakukan sebelum kram terjadi, seperti berapa lama berolahraga, gerakan yang dilakukan, sepatu yang dikenakan dan lain-lain. Perhatikan kapan kram muncul dan ganti kebiasaan tersebut.

 


(Sumber: Intisari-online, nationalgeographic.co.id)

 


 

Last Updated ( Wednesday, 28 October 2015 01:09 )
 
RSUD Dr. ADJIDARMO
Jl. Iko Jatmiko No. 1 Rangkasbitung Lebak - Banten (0252) 201313