Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday164
mod_vvisit_counterYesterday278
mod_vvisit_counterThis week1320
mod_vvisit_counterLast week1515
mod_vvisit_counterThis month6949
mod_vvisit_counterLast month6940
mod_vvisit_counterAll days226173

We have: 68 guests, 3 bots online
Your IP: 54.162.3.15
 , 
Today: Aug 24, 2017

Inilah 5 Manfaat Mandi untuk Kesehatan

PDF Print E-mail
Tuesday, 15 December 2015 00:54

 

Mandi dapat menyegarkan tubuh dan menyegarkan pikiran. Selain itu, berendam di air hangat juga dapat membuat otot-otot rileks dan meredakan kecemasan.

 

Inilah 5 Manfaat Mandi untuk Kesehatan

 

 

Mandi, seperti Anda tahu, dapat menyegarkan tubuh dan menenangkan pikiran. Selain itu, menurut jurnal Complementary Therapies di Medicine, berendam dalam air hangat setiap hari selama delapan minggu lebih efektif meredakan kecemasan daripada obat resep.

 

Berikut 5 alasan lain mengapa Anda wajib:


1.  Menghilangkan gatal psoriasis

Mandi air hangat dengan beberapa sendok makan minyak zaitun atau kelapa dapat membantu meredakan rasa  gatal dan melembutkan kulit bersisik yang disebabkan oleh psoriasis.


"Minyak bertindak sebagai pelembab, membantu menghilangkan sisik dan membuat kerentanan  kulit Anda terhadap infeksi jadi berkurang," jelas Abby Jacobson, anggota dewan medis National Psoriasis Foundation.


Hanya saja, tidak baik berlama-lama di bak mandi lebih dari 10 menit setiap hari karena cenderung dapat mengeringkan kulit.  Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan tubuh, bukan menggosok dengan loofah karena ini dapat membuat kulit Anda semakin meradang. Setelah berendam, aplikasikan krim pelembap ke seluruh bagian kulit Anda.


2. Menenangkan kulit yang meradang

Oatmeal dikenal sebagai penenang kulit selama berabad-abad, namun baru-baru ini saja peneliti mengetahui kandungan zat avenanthramides di dalam gandum sebagai senyawa utama yang dapat menenangkan kulit yang meradang dan gatal.


Campurkan air mandi dengan oatmeal lalu berendamlah di dalamnya selama 15-20 menit. Atau gosok badan dengan oatmeal kemudian bilas sampai bersih.


3. Membantu tidur lebih nyenyak

Mandi satu atau dua jam sebelum tidur akan membantu menurunkan suhu tubuh. Penurunan suhu ini akan memicu produksi hormon melatonin, hormon yang membuat Anda mengantuk.


Paling baik adalah mandi dengan air hangat. Otot-otot Anda akan merasa rileks lalu suhu tubuh akan turun perlahan memberi sinyal ke otak untuk memicu kadar melatonin.


4. Meningkatkan memori otak

Menambahkan minyak esensial ke dalam air mandi dapat membantu kerja otak dalam mengingat sesuatu. Aroma sage adalah yang paling baik untuk otak dan bunga bergamot untuk mereduksi stres, demikia menurut jurnal Alternative and Complementary Therapies.


5. Meringankan gejala flu

Mandi air hangat juga bisa membantu membuka jalan napas yang tersumbat karena sakit flu dan mengurangi nyeri otot. Ditambah lagi, tubuh yang rileks akan memicu produksi hormon endorfin yang berfungsi sebagai pereda nyeri dan memberi rasa nyaman.

 


(Bestari Kumala Dewi/Kompas Health,nationalgeographic.co.id)


 

Last Updated ( Tuesday, 15 December 2015 00:57 )
 
RSUD Dr. ADJIDARMO
Jl. Iko Jatmiko No. 1 Rangkasbitung Lebak - Banten (0252) 201313