Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday120
mod_vvisit_counterYesterday252
mod_vvisit_counterThis week914
mod_vvisit_counterLast week1597
mod_vvisit_counterThis month5158
mod_vvisit_counterLast month6764
mod_vvisit_counterAll days239574

We have: 34 guests online
Your IP: 54.158.212.93
 , 
Today: Oct 19, 2017

Alasan Mengapa Kita Selalu Cepat Merasa Lelah

PDF Print E-mail
Thursday, 21 January 2016 03:46

 

Kurang tidur bukanlah satu-satunya alasan yang dapat melemahkan energi kita, hal-hal kecil yang dikerjakan dan yang tidak dikerjakan juga dapat melelahkan Kita.


 

Alasan Mengapa Kita Selalu Cepat Merasa Lelah

Kurang tidur bukanlah satu-satunya alasan yang dapat melemahkan energi kita, hal-hal kecil yang dikerjakan dan yang tidak dikerjakan juga dapat melelahkan Kita baik secara mental ataupun fisik. Para Ahli mengungkapkan bahwa kebiasaan umum yang buruk dapat membuat kita cepat merasa lelah, serta memberitahu gaya hidup sederhana yang dapat mengembalikan semangat kita sehari-hari:

 


1. Melewatkan Olahraga ketika Lelah

Melewatkan kegiatan olahraga kita untuk menghemat energi ternyata dapat benar-benar bekerja secara berlawanan pada tubuh kita. Dalam sebuah penelitian dari University of Georgia mengatakan bahwa seseorang yang berloarga ringan selama tiga kali dalam seminggu setidaknya selama 20 menit, dilaporkan merasa kelelahannya berkurang dan lebih berenergi setelah 6 minggu. Olahraga secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu sistem kardiovaskular kita berjalan lebih efisien dan mengalirkan oksigen serta nutrisi ke dalam jaringan kita.


2. Tidak Minum Air yang Cukup

Mengalami dehidrasi sedikit hanya 2% dari keadaan normal dapat mempengaruhi keberadaan cairan di dalam tubuh kita, kata Amy Goodson, RD, seorang ahli diet untuk Texas Health Ben Hogan Sports Medicine. Dehidrasi menyebabkan penurunan volume darah, jelas Goodson, akan membuat darah menjadi tebal. Hal ini juga akan menyebabkan jantung kurang efisien ketika memompa darah untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi menuju otot dan organ-organ lainnya.


3. Kita Melewatkan Sarapan

Makanan yang kita makan akan menjadi energi di dalam tubuh kita dan ketika kita tidur, tubuh kita kembali menggunakan energi yang kita makan pada malam hari untuk membantu memompa darah dan mengalirkan oksigen. "Sarapan seperti menyalakan api untuk membantu metabolisme kita dengan baik" kata Goodson. Ia juga merekomendasikan oatmeal, bubuk protein, susu rendah lemak atau telur dengan dua buah roti gandum, segala makanan yang mengandung protein tinggi.


4. Memiliki meja Kantor yang berantakan

Sebuah meja kantor yang berantakkan secara mental akan membatasi kemampuan Kita untuk fokus dan membatasi kemampuan otak kita untuk memproses informasi, menurut sebuah penelitain dari Princeton University. Pada akhir hari, pastikan pekerjaan dan barang-barang pribadi kita terorganisir . Hal ini dapat membuat kita memiliki awal yang positif untuk keesokan harinya .


5. Kita Mengandalkan Kafein untuk Melewati Hari

Mulai pagi kita dengan secangkir kopi adalah bukan suatu masalah, pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa meminum 3 cangkir kopi sehari baik untuk diri kita, namun jika penggunaan kafein itu sudah melampaui batas, benar-benar akan mengganggu siklus bangun tidur kita, kata Dr. Towfigh. Sebuah penelitian lain dalam Journal of Clinical Sleep Medicine mengungkapkan bahwa mengonsumsi kafein bahkan pada enam jam sebelum tidur dapat mempengaruhi tidur, sehingga akan mengganggu kita pada pertengahan sore.


6. Kita terjaga hingga larut malam pada akhir pekan

Bersenang-senang hingga sabtu malam dan pergi tidur pada minggu pagi akan menyebabkan kesulitan tidur pada minggu malam dan kurang tidur pada senin pagi , kata Dr Towfigh. Cobalah untuk membangun waktu tidur yang normal pada keesokkan hari dan kemundian manfaatkan pula kekuatan tidur siang pada akhir pekan. "Tidur siang selama 20 menit atau lebih memungkinkan tubuh kita untuk mengisi ulang tanpa menyebabkan bangun dalam keadaan yang lelah."

 


(Nisrina Darnila/health.com, nationalgeographic.co.id)


 

Last Updated ( Thursday, 21 January 2016 03:51 )
 
RSUD Dr. ADJIDARMO
Jl. Iko Jatmiko No. 1 Rangkasbitung Lebak - Banten (0252) 201313