Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday363
mod_vvisit_counterYesterday252
mod_vvisit_counterThis week1430
mod_vvisit_counterLast week1734
mod_vvisit_counterThis month5401
mod_vvisit_counterLast month6764
mod_vvisit_counterAll days239817

We have: 57 guests, 2 bots online
Your IP: 54.92.141.211
 , 
Today: Oct 19, 2017

Tips Sederhana Menyembuhkan Benjolan di Kelopak Mata

PDF Print E-mail
Thursday, 27 April 2017 03:14

Tips Sederhana Menyembuhkan Benjolan di Kelopak Mata

 

 

Biasanya Anda mengenal benjolan di kelopak mata berupa bintitan, yaitu bintil yang berbentuk menyerupai jerawat atau bisul. Namun, ada jenis lain yang juga berupa benjolan di kelopak mata. Jenis tersebut adalah kalazion. Keduanya memiliki sifat yang berbeda. Kalazion adalah benjolan seperti kista di kelopak mata akibat penumpukan cairan. Sementara itu, bintitan merupakan infeksi minor di pangkal bulu mata yang biasa mereda dalam 1-2 minggu.

Salah satu gejala terjadinya bintitan dan kalazion adalah munculnya benjolan di kelopak mata,. Terkadang rasa nyeri ikut menyertai benjolan ini. Biasanya mata menjadi berair, terasa gatal dan berpasir, serta mata menjadi lebih peka terhadap paparan sinar.

 

benjolan di kelopak mata - alodokter

 

Sebenarnya, benjolan di kelopak mata umumnya tidak berbahaya. Meskipun demikian, Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami kesulitan melihat, benjolan bertambah besar, kelopak mata menjadi infeksi, bahkan terasa menyakitkan.

 

Sebaliknya, jika benjolan di kelopak mata tidak bertambah parah atau tidak menunjukkan tanda-tanda adanya kelainan, maka masih bisa diusahakan untuk disembuhkan dengan perawatan di rumah. Silakan coba ikuti cara-cara berikut ini untuk menyembuhkannya.

 

Bersihkan benjolan

 

Benjolan pada bintitan kadang-kadang terjadi karena adanya kotoran atau benda asing yang menempel di kelopak mata. Kotoran atau benda asing, seperti debu atau sisa-sisa make up, adalah penyebab-penyebab utamanya. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk membersihkan daerah kelopak mata. Caranya, ambil bola kapas, celupkan ke dalam air hangat, lalu gunakan untuk membersihkan kelopak mata. Pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan kelopak mata dan bola kapas harus dalam keadaan bersih. Jika tangan dan bola kapas kotor, maka ada kemungkinan bagian kelopak mata yang terdapat benjolan ini justru makin terkontaminasi kotoran.

 

Hal yang sama juga bisa dilakukan pada benjolan akibat kalazion untuk mencegah menumpuknya kotoran mata penyebab infeksi. Lakukan paling tidak dua kali dalam sehari.

 

Hindari menekan benjolan

 

Buang keinginan Anda untuk menekan-nekan benjolan tersebut, apalagi bertujuan mengeluarkan cairan di dalamnya.  Jika Anda tetap melakukannya, sangat mungkin membuat keadaan makin parah. Bahkan, bisa memperdalam infeksi dan menyebarkan kuman ke mata yang satunya. Hal tersebut juga dapat menyebabkan bekas luka yang bersifat permanen.

 

Gunakan krim antibakteri

 

Oleskan krim antibakteri pada benjolan akibat bintitan di kelopak mata, sedikit saja sudah cukup. Zat anestesi yang terdapat di krim ini juga membantu mengatasi ketidaknyamanan akibat bintitan. Terlebih, krim tersebut mudah didapatkan di apotek terdekat. Yang perlu diperhatikan adalah hindari mengoleskannya di bagian dalam mata karena justru dapat menyebabkan iritasi pada mata.

 

Krim antibiotik dapat membantu penyembuhan bintitan yang disebabkan oleh infeksi. Akan tetapi, krim ini tidak dianjurkan untuk diberikan pada benjolan akibat kalazion, karena kalazion biasanya bersifat steril sehingga penggunaan krim antibiotik tidak akan memberi dampak yang positif.

 

Kompres dengan air hangat

 

Air hangat akan membantu memberi rasa nyaman pada mata. Ambillah handuk, lalu celupkan ke dalam air hangat. Peras, lalu tempelkan handuk tersebut di kelopak mata yang terdapat benjolan. Lakukan 3-4 kali sehari sampai benjolan hilang. Anda pun dapat mengompresnya menggunakan kantong teh yang sudah dicelup air hangat sebagai pengganti handuk.

 

Mengobati benjolan di kelopak mata dengan perawatan di rumah hanya bersifat sementara. Anda dapat melakukannya sebagai usaha penanganan awal. Namun kembali lagi, apabila cara ini tidak bermanfaat terhadap kondisi mata Anda, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Jangan menunda-nunda agar bisa mendapatkan pengobatan secepatnya.

 

Sumber : http://www.alodokter.com/tips-sederhana-menyembuhkan-benjolan-di-kelopak-mata

 
RSUD Dr. ADJIDARMO
Jl. Iko Jatmiko No. 1 Rangkasbitung Lebak - Banten (0252) 201313