Menjelajahi Otak Manusia
Written by Administrator   
Sunday, 22 June 2014 10:19

 

Bagaimana sebenarnya otak berfungsi?

 

Van Wedeen mengusap jang­gut­nya yang se­tengah ber­uban dan mem­bungkuk ke arah layar komputer, menelusuri deret­an file. Kami sedang duduk di perpustakaan tak berjendela, dikelilingi banyak kotak bernoda yang berisi surat tua, jurnal ilmiah yang kertasnya bergelombang, dan proyektor salindia lama.

"Saya butuh sedikit waktu untuk mencari lokasi otak Anda," katanya.

Wedeen menyimpan ratusan otak di dalam hard drive—citra tiga dimensi yang memiliki detail elok dari monyet, tikus, dan manusia, termasuk saya. Dia mengajak saya untuk men­jelajahi isi kepala saya sendiri.

Last Updated ( Wednesday, 25 June 2014 03:42 )
Read more...
 
Donor Jaringan Tubuh, Bukan Hanya Donor Darah
Written by Administrator   
Sunday, 22 June 2014 11:13


“Saya terpaksa mengemis, karena tak ada yang mau menerima saya bekerja. Mereka jijik dan takut melihat saya,” keluh mantan penderita lepra yang biasa kita lihat di esai foto media massa. “Kasihan ya ….” Hanya beginilah biasanya tanggapan kita. Padahal, kita bisa meringankan penderitaan mereka, agar terhindar dari cacat seumur hidup dan memberi kesempatan hidup lebih baik,secara nyata. Caranya?

Last Updated ( Wednesday, 25 June 2014 03:41 )
Read more...
 
Terbukti, Sebuah Apel Sehari Bisa Kurangi Risiko Penyakit
Written by Administrator   
Sunday, 22 June 2014 11:23



Pepatah 150 tahun yang berbunyi 'an apple a day, keeps the doctor away' itu, benar adanya. Memakan sebuah apel sehari cenderung memiliki efek samping yang lebih sedikit. Para peneliti mengatakan, makan sebuah apel sehari "ampuh" membuat penyakit menjauh.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam edisi Natal dari British Medical Journal, orang dewasa berusia 50 tahun ke atas disarankan untuk memakan apel, karena dapat mencegah atau menunda sekitar 8.500 kematian vaskular seperti serangan jantung dan stroke setiap tahun di Inggris. Penelitian ini memperhitungkan orang yang mengonsumsi statin untuk mengurangi risiko penyakit pembuluh darah.

Last Updated ( Wednesday, 25 June 2014 01:58 )
Read more...
 
Dikaji, Efek Buah dan Sayur Bagi Penderita Asma
Written by Administrator   
Sunday, 22 June 2014 11:17

Peneliti telah menyimpulkan, buah, sayur, dan biji-bijian bisa membantu mengatasi asma. Ini dikatakan dalam artikel di jurnal ilmiah Nature Medicine. Para peneliti memberikan makanan tersebut ke sejumlah tikus, dan hasilnya menunjukkan makanan yang kaya dengan serat bisa meminimalkan inflamasi atau radang pada paru-paru. Penambahan serat mengubah sari makanan yang diserap tubuh dari usus, yang kemudian mengubah sistem imunisasi.


Dipaparkan pula, semakin sering orang mengkonsumsi produk makanan olahan, mungkin menjadi sebab mengapa kasus asma bertambah. Bagi para penderita asma, saluran pernafasan mereka lebih sensitif, lebih rentan mengalami iritasi dan inflamasi. Bila ini terjadi, saluran pernafasan mengecil yang membuat mereka sulit bernapas.

Last Updated ( Wednesday, 25 June 2014 02:09 )
Read more...
 
Menguak Lima Misteri Otak
Written by Administrator   
Sunday, 22 June 2014 11:24

 

Selama berabad-abad, otak merupakan organ yang menjadi misteri. Hanya berpuluh tahun terakhir, para ilmuwan mulai menguak misteri di balik organ satu ini. Kecanggihan teknologi merupakan kuncinya.

Kendati untuk mengerti bagaimana otak bekerja merupakan hal yang masih harus diteliti hingga kini, ada lima studi penting yang menguak misteri otak. Sebagai berikut paparannya.

Last Updated ( Wednesday, 25 June 2014 01:23 )
Read more...
 


Page 50 of 50

DIREKSI

Dokumentasi

Kalender

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

RSUD Dr. ADJIDARMO
Jl. Iko Jatmiko No. 1 Rangkasbitung Lebak - Banten (0252) 201313